WELCOME TO MY BLOG

blog ini 'sedikit' berbeda dengan blog saya sebelumnya. masih blog abal-abal dengan beragam makna hahaaa...

enjoy.

salam manis dari tikii yang selalu manis...

Kamis, 16 Juni 2011

LAPER MATA!!!

bajunya lucu-lucu....

sepatunya juga ihhh...

ehh ehh, aksesorisnya tuh imutt-imut abiss....



Girls, pasti seperti itu ekspresi kita saat melihat baju-baju yang lucu nan imut bergantungan ditoko-toko pakaian, atau saat mata kita melihat jajaran sepatu yang ga kalah cantiknya, duhhh... laper nih mata!

Entah kenapa, tapi saya pun mengalaminya, dan saya ga sendiri, teman-teman saya pun mengalaminya.

Emang repot ya jadi cewek, apa-apa pasti pengen dibeli, ga peduli berapa pun harganya, yang penting menarik dimata, yang penting lucu dan bagus, meskipun kadang yang dibeli juga ujung-ujungnya ga berfungsi apa pun, karena ga pernah dipake. Tuh, rugi kan? Nyesel kan? Udah keluar uang untuk barang disukai, tapi malah ujung-ujungnya jarang dipake. --"

Tapi herannya, ga pernah kapok untuk hal serupa, beli barang cuma karena pengen ajaa, tapi ujung-ujungnya cuma jadi pajangan!

Apalagi kalo ada sale, pasti dehh semakin gelap saja mata ini, sampe-sampe semua barang mau dibeli, emang dasar cewek sih yaaaa... 



Ga dipungkiri, saya pun seperti itu, kalo melihat rentetan sepatu, wedges, ato sendal, mata kayaknya pengen ngebeli semua, ato saat saya mampir untuk melihat baju-baju yang lucu-lucu nan imut ituu, kalo baju saya masih agak pilih-pilih, ukuran, model, dan juga warna, maklum, saya sedikit berbeda untuk urusan ukuran! Ato saat saya nemenin mommy belanja batik, saya pun pasti tertarik sekali untuk juga mencoba-coba batik-batik cantik itu, dan tentu saja aksesorisnya, duhhh... ga nahan dehh, semua rasanya pengen dibeli, tapi apa daya, kocek, ga sebesar keinginan saya, jadi saya harus benar-benar pintar memilih dan memilah, mana yang lebih cocok untuk saya. Mana yang akan berguna sekali untuk saya. Tapi ga jarang juga saya merasa gelap mata, semua yang menarik dimata saya langsung saya beli, tanpa saya pertimbangkan lagi baik buruknya, tinggal nyeselnya dirumah dehh --"

Asumsi teman saya, cewek itu beda banget sama cowok (ya iyalah!) kalo cewek gampang laper mata, tapi kalo cowok belum tentu, mungkin juga laper mata karena hal-hal tertentu, seperti cewek misalnya. Tapi cewek belum tentu laper mata karena cowok, tapi ini hanya asumsi semata loh yaaaaa, belum tentu benar!

Saya pernah berkomitmen pada diri sendiri, untuk mengurangi hawa napsu saya pada baju, sepatu, aksesoris, dan printilan-printilan cewek lainnya, tapi tetap saja, rasa-rasanya uang seribu perak pun ga betah ada didalam dompet saya, maunya pindah ke tangan penjual printilan-printilan cewek itu. Kalo begitu caranya, gimana bisa hemat?? Yang ada tekor terus dong tiap bulan. Apalagi saya masih mengandalkan kiriman dari mommy dan daddy..

Terus gimana ya caranya biar cewek ga gampang laper mata???

1. Prioritas.

Pikirkan benar-benar, kira-kira mana yang lebih penting, bayar uang kuliah ato beli baju? Beli buku atau beli tas? Pikirkan lagi, mana yang lebih penting. Mana yang paling penting. Dahulukan yang penting-penting itu dulu, kalo ada sisa, baru dehh... 

2. Bawa Uang Secukupnya.

Nah, kalo bawa uang secukupnya pasti bisa sedikit mengurangi hasrat kita, para cewek untuk belanja ini itu, pulang kuliah ya langsung pulang aja, ga usah belak belok, kecuali kalo memang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Teman saya, si Vina malah lebih gila lagi, ke kampus ga bawa dompet sama sekali, jadi pulang kuliah mana bisa dia mampir-mampir, apalagi kost deket kampus, jadi ga perlu keluar ongkos, tapi bagusnya sih tetap bawa uang, siapa tau juga kan ada kebutuhan mendadak.

3. Berpikir Sebelum Membeli.

Kalo sudah terlanjur tergoda untuk mampir ke toko, distro, ato butik sebaiknya tidak langsung gelap mata, membeli semua yang diinginkan. Pikirkan lagi, uang dalam dompet atau tabungan. Apakah masih ada keperluan yang lain ato tidak? Kalo sudah benar ga ada tanggungan lainnya, coba pikirkan mengenai fungsinya, apakah yang ingin dibeli benar-benar bisa digunakan? Pas untuk saya? Jangan sampai menyesal dibelakang. Karena menyesal pun ga mengembalikan uangmu kembali padamu toh????



Girls, sebenarnya tiga tips itu adalah nasehat dari mommy, kakak, dan juga teman-teman saya. Saya dengan teman-teman saya, saling menasihati, namun kadang, jarang yang bisa melakukan apa yang telah kami katakan, hahahaaaa, ga mutu banget ya....

Sampai saat ini, saya pun masih belajar untuk mengerem hasrat belanja saya, dengan juga memperhatikan kebutuhan saya yang lain, dan juga tabungan yang saya miliki. Karena laper mata seperti itu adalah penyakit, yang harus segera diobati sebelum menjadi kronis. Dan pikirkan tentang belanja untuk kebutuhan, dan bukan untuk sekedar memenuhi keingan batin saja. Yahhh, sama-sama belajar sajaa dehh.. 

Juga untuk mengerti bahwa ternyata mencari uang tuh ga segampang saat kita menodong orang tua kita. Perlu kerja keras, dan usaha, dan doa. Ternyata kita juga perlu untuk menghargai uang, perlu belajar untuk menabung, tapi juga jangan jadi pelit pada orang lain ya, sedeng sedeng ajaa dehhh...

Sama-sama belajar ya Girls :) 
Salam manis dari tikii yang selalu manis...
Take it Slow. Make it Flow. Let it Glow.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar